Monday, May 21, 2012

10:49 AM
5
Led (Ligth-Emitting Diode) dalam dunia elektronika merupakan salahsatu komponen elektronika yang masih tergolong dalam keluarga Diode/Dioda. Apa itu Diode dapat kita ketahui dan baca pada Pengenalan Diode diblog Elektronika ini.


Pengertian atau Definisi LED


LED merupakan singkatan dari Ligth-Emitting Diode dalam bahasa Inggris, artinya kurang lebih dioda pancaran cahaya. Jadi LED dapat kita definisikan sebagai suatu komponen elektronika yang terbuat dari bahan semikonduktor dan dapat memancarkan cahaya apabila arus listrik melewatinya. Lampu LED mempunyai dua kaki/kutub Anode dan Katode, LED lebih efisien ketimbang lampu pijar biasa pada umumnya. Dalam sebuah rangkaian elekronika LED disimbolkan dengan huruf D, sama seperti Diode.

 

Fungsi LED

 

Led (Ligth-Emitting Diode) memiliki fungsi utama dalam dunia elektronika sebagai indikator atau sinyal indikator/lampu indikator. Contohnya dapat kita jumpai pada rangkaian-rangkaian elektronika led digunakan sebagai indikator ON/OFF.

Gambar LED dan Simbolnya

 

Led (Ligth-Emitting Diode)
Contoh Gambar LED


Simbol LED
Diatas merupakan contoh LED beserta simbolnya, untuk menentukan kaki-kaki pada LED yang terdiri dari Anoda(anode) dan Katoda(katode) dapat dilihat dari fisiknya, Kaki yang lebih panjang adalah kaki katoda kaki ini juga sebagai kutub (+). Jika pemasangan LED pada rangkaian elektronika kaki-kaki LED terbalik maka hasilnya pasti tidak akan menyala.

Applikasi LED


Dari fungsi LED sebagai indikator atau lampu pilot, sekarang Di era elektro modernisasi yang semakin canggih LED selain sebagai lampu indikator  juga dapat diapplikasikan pada lampu emergency, dekorasi, display control serta display monitor.

5 comments:

  1. Segera bergabung dengan kami, agen terpercaya dan tercepat untuk proses deposit dan withdraw
    dengan minimal deposit 10.000 anda semua bisa menangkan uang jutaan rupiah hanya ada di D_E_W_A_P_K
    ayo buruan daftar dan dapatkan royal jackpotnya hingga 30jt ditunggu apa lagi segera daftar ya :)

    ReplyDelete
  2. terima kasi banyak sebelumnya ya min ^^. artikel ini sangat berperan banyak pada hidup saya karena ini benar benar berguna, struktur dan tulisannya sangat rapi dan sangat mudah dimengerti, saya semakin paham juga atas ini semua. teruslah berkarya untuk anak bangsa , sukses selalu dan sehat selalu ^^
    bandarq terpercaya
    terima kasih dan salam hormat terdalam saya ya min

    ReplyDelete
  3. terima kasi banyak ya min. artikel ini memang berguna sekali dan berfungsi bagi orang orang yang belum mengerti seperti saya , teruslah berkarya ya ^^ semoga anda sukses dan sehat selalu ya hehehehe.. numpang promo ya min
    bebasqq adalah situs poker online terbaik di Indonesia dan bandarq terpercaya
    *proses deposit/withdraw dibawah 1 menit
    *deposit 24 jam
    *tersedia bank bca,bni,bri,danamon,mandiri serta ovo
    *bonus rollingan mencapai 0,5%
    *bonus refferal 20%
    *cs yang ramah dan baik hati selama 24 jam
    *1 user id bisa memainkan 8 jenis permainan seperti aduq , bandarq , sakong , poker , bandar poker , bandar66 , dominoqq , dan capsa susun

    jangan lupa juga kunjungi website saya di :

    bebasqq

    terima kasih dan salam hormat terdalam saya ya min ^^

    ReplyDelete