Thursday, January 26, 2012

Diode merupakan salah satu komponen aktif lain halnya seperti resistor dan kondensator karena kedua komponen ini adalah komponen pasif. Ok mari kita ungkap apa sebenarnya diode itu.....

Pengertian Diode

Diode atau biasa disebut juga dioda adalah komponen elektronika yang mempunyai dua elektroda yakni anoda dan katoda. Kebanyakan diode terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon, germanium, selenium. Ada juga diode yang terbuat dari elektroda logam pada ruang yang dievakuasi atau diisi dengan gas elemental murni pada tekanan rendah. Diode mempunyai karakteristik hanya dapat dialiri arus listrik satu arah saja yaitu dari anoda ke katoda. Contoh mudahnya apabila kaki anoda kita hubungkan ke tegangan listrik maka di ujung kaki katoda juga terdapat tegangan listrik atau dengan kata lain listrik mengalir melewati diode tersebut. Namun sebaliknya apabila kaki katoda kita hubungkan ke tegangan listrik maka di ujung kaki anoda tidak terdapat tegangan listrik, dengan kata lain tegangan tersebut tidak dapat mengalir melewati diode tersebut. Diode atau dioda dalam sebuah rangkaian elektronika disimbolkan dengan huruf D.

Fungsi Diode

Penggunaan diode pada rangkaian elektronika antara lain sebagai : 
  1. Penyearah arus listrik
  2. Pembatas sinyal
  3. Regulator tegangan
  4. Switch atau saklar
  5. Modulator sinyal, sinyal mixer dan demodulasi sinyal, dan osilator
Fungsi - fungsi diode / dioda tersebut tidak mutlak dimiliki oleh sebuah diode, karena berbeda jenis dioda biasanya juga lain fungsinya.

Satuan Diode

Tidak serupa seperti Resistor dan Kondensator yang memiliki nilai satuan dioda ini tidak memiliki nilai satuan. Untuk membedakan ukuran diode biasanya hanya ukuran misal 1 Ampere, 2 Ampere, 3 Ampere dan seterusnya itu untuk dioda biasa jika untuk dioda jenis Zener misal 5 volt, 12,6 volt dan sebagainya.

Jenis - jenis Diode
  
Jenis atau macamnya diode sangat banyak berikut beberapa contoh macamnya :
  • Diode Penyearah ( rectifier ) sering disebut juga diode biasa
  • Diode Zener
  • Diode Cahaya ( Photo diode )
  • Diode Emisi Cahaya ( LED )
  • Diode Varactor
  • Diode Laser
  • Diode Schottky ( SCR )
  • Triac
  • Diac
Itu hanya sebagian contoh macam - macam diode dan itu yang sering dipakai atau banyak tersedia dipasaran.

Gambar dan Simbol Diode

gambar diode
Gambar diode rectifier dan diode zener ( diode zener tampak paling bawah )


Contoh diode Bridge


Simbol macam - macam diode


Diode Simbol diode Diode Zener Simbol diode zener Diode Varaktor Simbol diode Varaktor
Diode schottky Simbol diode schottky SCR Simbol SCR Diode Tunnel Simbol diode tunnel
Photodioda Simbol Photodioda TVS Simbol TVS LED Simbol LED

Keterangan gambar : A = Anoda, K = Katoda, G = Gate.

Cara mengetahui atau menghitung nilai Diode

Diode tidak seperti resistor yang mempunyai nilai resistansi, namun dioda atau diode lebih sering dikaitkan dengan tipe, biasanya tercetak pada body / badan diode misalkan:1N4148 / 1N4150 / 1N4448 / 1N914B atau mungkin 1N41001 dan masih banyak yang lain. Tapi diode zener tidak demikian karena dia memiliki nilai voltase yang tertera pada body atau tercetak pada diode zener tersebut.

0 komentar:

Post a Comment