Wednesday, December 12, 2012

Apa itu Obeng? lho kok malah tanya apaitu obengsih kok gak dijelasin sendiri, hehe... lha iya kalau saya tanya siapa itu Obeng ntar situ jawabnya Obeng itu tetangga aku, hikhik... Ok deh sekarang serius, apa sebenarnya obeng itu? Obeng adalah salah satu alat bantu teknisi baik itu elektronik maupun teknisi mesin (montir) pada umumnya, untuk mengencangkan serta mengendurkan baut. Dalam bahasa inggris obeng disebut Screwdriver.

Macam-macam Obeng
Sebenarnya dari sekaian macam bentuk obeng yang teramat sering di gunakan para teknisi elektronik adalah jenis obeng plus (+) dan obeng minus (-). Berdasarkan apa sebenarnya orang menentukan jenis obeng, jawabannya adalah dari mata obeng tersebut, jika mata obeng tersebut adalah minus maka dia juga di beri nama obeng minus, dan apabila + maka namanya adalah obeng plus/ples dan sebagainya.

Dari ukurannya, obeng banyak pula macamnya dari yang kecil-kecil obeng buat tukang service jam tangan, meningkat lebih besar ukurannya buat para tukang service handphone hingga ukuran jumbo alias besar juga banyak. Aku sudah tahu kalian tak penasaran seperti apa itu obeng, tapi sungguh terpaksa juga aku tetap akan memberikan contoh gambar obeng untuk Anda.

obeng
image credit : Rusty Clark
Nah itu dia penampakan obeng sesungguhnya, hehe..:D

Fungsi Obeng
Apa fungsi obeng buat para teknisi elektronik? Sepertinya obeng tidak dikhususkan buat para teknisi elektronika saja, orang lain dan bukan teknisi elektro juga menggunakan obeng. Jadi fungsi obeng secara umum adalah sebagai alat bantu untuk mengencangkan dan mengendurkan baut. segini saja tulisan saya, saya rasa sudah cukup untuk mengenal apa obeng itu.

10 comments:

  1. Saya punya obeng banyak sekali dari kecil sampai yang gede !

    ReplyDelete
  2. Aku biasa sebut obeng kembang untuk obeng +
    Tapi tetep aja tidak bisa berkembang ya? Coba bener bisa, tak jual anakannya

    ReplyDelete
  3. wah klw cuma obeng aku dah paham Kang, tp klw macam2 obeng mungkin aku masih sedikit yg pernah kulihat.

    ReplyDelete
  4. yang bagus itu buat servis elektro apa mas bro? maksud saya ujung/mata obeng yang ada magnetnya apa yang tidak ada magnetnya terima kasih....

    ReplyDelete
  5. ada juga om yang kembang2 gitu buat HP kan?
    sudah banget kalo nggak punya tuh obeng, bentuknya aneh :D

    om, blog q ada kacamata gratis nih
    caranya tinggal pilih kacamata, trus paste linknya di komentar blog q.
    dan berdoa semoga beruntung.
    ikutan yak Om, minta tolong partisipasinya nih :D
    hehheeeeee

    ReplyDelete
  6. Obeng, banyak jenisnya, dengan alat ini dapat membantu kita dalam bongkar pasang barang elektronik. Terima kasih Kang sharenya.

    ReplyDelete
  7. heee, keren deh si mas postingannya
    sangat kreative, sukses deh

    ReplyDelete
  8. TOA.
    terima kasih sudah berbagi artikel yang bermanfaat

    ReplyDelete
  9. gak nyangka ada postingan yg mengupas obeng heheh... berkunjung ke blog kami ya gan TOA

    ReplyDelete
  10. Terima kasih atas informasinya, kami dari TOA jogja :)
    TOA

    ReplyDelete