Saturday, June 16, 2012

Rangkaian Power Supply atau pencatu daya lebih sering disebut juga Adaptor, merupakan sebuah bagian dari sebuah rangkaian elektronika yang berfungsi sangat fital. Sebuah rangkaian elektronika dapat bekerja apabila ada rangkaian pedukung yang berfungsi untuk menyupply atau menyokong catu dayanya.

Pengertian Power Supply

Power supply berasal dari sebuah kata dalam bahasa inggris yang berarti Pencatu daya adalah sebuah rangkaian elektronika yang menghasilkan energi, khususnya energi listrik untuk atau sebagai sumber energi untuk rangkaian elektronika lainnya.

Contoh Gambar Rangkaian Power Supply (Adaptor) 

Adaptor
Dengan satu Diode

Adaptor
Dengan dua diode

Adaptor
Dengan 4 Diode Trafo 0

adaptor
Dengan 4 diode Trafo  CT
Gambar adaptor / Power Supply di atas cuma garis besar saja. maksudnya rangkaian tersebut sengaja Saya tidak memberikan nilai komponen-komponen elektronika yang digunakan.

Fungsi Power Supply atau Adaptor 

Sudah jelas Saya rasa fungsi dari sebuah rangkaian power supply karena diatas sudah tertulis, namun mungkin ada yang belum mengerti gak ada salahnya saya tulis apa itu fungsi power supply ?. Fungsi utama power supply adalah sebagai sumber daya/energi untuk rangkaian elektronika lain. Adapun fungsi lainya yaitu sebagai pengkonvert tegangan listrik arus AC ke DC.

6 comments:

  1. Selamat malam sobat.....wah kayaknya bpk orang pinter nih..... .... Kapan" boleh nanya nih...? Sukses ya .....

    ReplyDelete
  2. jadi ingat waktu SMP bikin rangkaian adaptor salah mulu dan dapet hadiah jeweran dari guru. saya buta soal elektronik mas? Tapi dengan artikel di atas, semoga saya dapat memahami dunia elektronik. salam:)

    ReplyDelete
  3. +Winarno, Silahkan mas... dan sukses kembali

    ReplyDelete
  4. + Ibrahim Sukman, Hehe mas dulu Aku waktu smp malah enak kalau praktek elektro... yang cewek2 pingin gabung ma kelompokku dan pasti aku ditraktir makan walau cuman sekedar mie ayam doank,... yah mas belajar tuh tak mengenal kata terlambat bagiku, makasih sudi mampir keblogku..

    ReplyDelete
  5. Sip... Sangat Simpel dan sudah Cukup buat catu daya berbagai Peralatan elekronika.

    ReplyDelete
  6. min tolong bantu cariin rangkaian adaptor ps2 yang slim dong, adaptor ps2 saya ruksak mungkin aja komponenya bisa di rakit lagi jadi rangkaian yang baru.

    ReplyDelete