Friday, June 29, 2012

Kondensator variabel Varco dalam dunia elektronika yang akrabnya di sebut Varco, pada dasarnya sama dengan kondensator tetap, yaitu di merupakan dua bagian pelat dan sebuah pemisah (isolator). Kondensator Varco tidak memiliki polaritas seperti yang dimiliki kondensator elektrolit (elco).

Pengertian atau Definisi Varco 

Apa itu Varco? Varco merupakan kepanjangan dari Variable condensator/Variable capasitor dalam bahasa inggris, dalam bahasa Indonesia disebut varco(varko). Varco mempunyai dua bagian utama yakni Rotor dan stator. Biasanya varco memiliki nilai satuan pikoFarad (pF) sekitar 100pF hingga 500pF, dan dalam rangkaian elektronika kondensator ini di simbolkan dengan huruf VC.

Fungsi Varco

Varco dalam rangkaian elektronika mempunyai fungsi utama sebagai pencari/pemilih Gelombang/frekuensi radio dan sebagi tuning frekuensi. Dapat kita jumpai contoh penggunaannya pada radio-radio manual am/fm/sw. Untuk mendapatkan gelombang/frekuensi radio yang kita inginkan kita dapat merubah nilai kondensator Varco tersebut dengan cara memutar rotor pada varco tersebut.

Gambar Varco dan Simbol

Gambar varco

Simbol Varco

Ciri-ciri kerusakan pada Varco

Jika kondensator varco ini rusak atau aus dalam sebuah rangkaian elektronika dapat kita ketahui dengan ciri-ciri bila tuas pencari gelombang radio kita putar dan pada speaker radio keluar suara tidak wajar misal (krak, kratak) itu ciri-ciri utama kerusakan pada Varco.

1 comment:

  1. posting yg bermanfa'at,trimakasih pak kenthus,sukses selalu

    ReplyDelete