Monday, November 5, 2012

























Rangkaian Elektronika Lampu LED 220volt ini merupakan rangkaian dasar dari bermacam-macam skema/rangkaian Led yang ada, tidak seperti rangkaian flip-flop ataupun rangkaian led berjalan, emergency led lights, rangkaian ini tidak memerlukan komponen aktif  (IC) Integrated circuit karena rangkaian lampu led ini cukup mendasar dan sangat sederhana.

Komponen elektronika aktif yang dipakai disini hanya 4buah LED DAN 4buah Diode, keempat diode tersebut bisa juga kita ganti menggunakan 1 bridge diode, apa bridge itu? kalau Anda belum tahu lihatdan bacalah Pengenalan diode pada blog ini. Jikalau sudah paham apa itu bridge diode mari kita lanjut....OK?

Daftar Komponen yang diperlukan untuk membuat Rangkaian Elektronika Lampu LED 220volt seperti rangkaian di atas:

R1 : 470k/1w
R2 : 470Ω/1w
D1-D4 : 1N4007
D5-D8 : LED
C1 : 0.0047uF 472K 400VAC
C2 : 470uF/35volt

C1 kalau susah mencari di toko elektronika sekitar Anda, Anda dapat memanfaatkan kondensator yang terdapat pada torch light (lampu senter) yang bisa dicas/charge, biasanya torch light ini memakai led juga dan lagi-lagi dapat kita manfaatkan untuk pengganti led pada skema diatas.

Skema Elektronika Lampu LED 220volt ini bisa kita manfaatkan sebagai lampu belajar, buat adik-adik yang masih duduk dibangku SMP maupun SMU. Disamping bahan yang cukup murah dan gampang kita merangkainya dan hasil kerja tak sia-sia karena bisa sebagai lampu belajar. Jika 4 buah LED Anda rasa masih kurang, Anda dapat menambahkan lagi LED kedalam rangkain dengan sistem seri tersebut, dan jangan lupa rubah/perkecil nilai R2 jika menambahkan LED.

NB!: Peringatan jika rangkaian terhubung langsung jangan sesekali menyentuh salah satu komponen, dengan tangan kosong, karena semua komponen non isolated ini bisa menyebabkan Anda tersengat aliran listrik langsung.

11 comments:

  1. kebetulan nih Kang, dirumah saya punya emergency lamp tapi kenapa yah battery nya cepet rusak?
    cara perawatanya gimana kang?

    ReplyDelete
  2. Hehe Mbak Indah,... sebenarnya cukup mudah mbak, tapi lebih detailnya akan saya post deh jawabannya. So tunggu yah mbak post saya berikutnya OK

    ReplyDelete
  3. Ugh dapet juga nih skema nyang ingsun cari nih, makasih mas....

    ReplyDelete
  4. Ijin save wiring diagramnya ya kang. Terima kasih sharenya. Kunjungan siang Kang..

    ReplyDelete
  5. Mati satu led mati semua ni Kang, Klo pake R wat besar trus led di paralel gimana gan?

    ReplyDelete
  6. @Mas Djono itulah kelemahan/kekurangan rangkaian diatas, namun kita dapat meminimalisir terjadinya hal itu dengan cara menambahkan led ataupun kita memperbesar nilai resistansi pada R2. Kalau mebggunakan resistor dengan watt besar dan LED kita paralel bisa juga saya rasa, namun kita wajib juga mengganti nilai resistansi pada R2 itu dengan resistor yang lebih gede nilai OHM(Ω)nya.

    ReplyDelete
  7. mantap bos ,,,nile resistor yg tepat buat 24 led berapa yah pak..???

    ReplyDelete
  8. klao untuk rangkaian emergency lampu led ada kang,

    ReplyDelete
  9. klw led yang dc ada g mas,, apa rangkaian untuk dc sama kayak rangkaian senter2 led yang ada dipasaran, takut kesetrum soalnya klw pake yang 220 langsung,,hehee,,,

    ReplyDelete
  10. Makasih udah share gan , bermanfaat infonya !!


    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete