Monday, February 6, 2012

3:55 PM
5
Sirkuit terpadu atau (integrated circuit) dalam bahasa inggris, dan lebih sering orang menyingkat namanya yaitu IC merupakan komponen elektronika aktif yang tak kalah pentingnya melebihi transistor. Mengapa demikian? karena IC bisa dikatakan sebagai komponen utama pada sebuah rangkaian elektronika.

Pengertian IC

Integrated circuit (IC) ialah suatu komponen elektronika yang dibentuk dari bahan semikonductor, dan IC juga merupakan rangkaian penggabungan dari beberapa komponen elektronika seperti Transistor, Resistor, Dioda, dan Kapasitor yang telah diintegrasikan menjadi sebuah komponen elektronika berbentuk chip kecil. Pertamakali IC ditemukan oleh seorang bernama Jack kilby, dia bekerja pada Texas Instruments. Penemuan pertama ini masih bisa dikatakan banyak kekurangan dan kelemahannya, selang beberapa waktu Robert Noyce menemukan chips atau IC yang lebih sempurna dari pada penemuan Jack Kilby tersebut. Dalam sebuah rangkaian elektronika integrated circuit atau sirkuit terpadu disimbolkan dengan huruf IC.

Fungsi IC

Berbicara mengenai fungsi daripada IC tidak akan selesai - selesai karena banyak sekali fungsi integrated circuit ini. Chips atau IC dibuat menurut fungsinya masing - masing, sebagai contoh IC program, sudah pasti fungsinya untuk memrogram atau mengatur program sebuah benda elektronika, misalnya IC program tv ya berarti dia atau si IC ini yang berfungsi mengatur program tv tersebut.

Gambar dan Simbol IC

Contoh gambar IC
Contoh simbol IC
Gambar diatas hanya merupakan contoh IC dan simbol, masih banyak tipe IC yang lain dengan beragam bentuk, serta untuk simbol ada juga yang membuat simbol seperti segitiga dengan banyak kaki-kakinya.

Cara pemasangan IC

Pemasangan IC bisa dilakukan dengan menggunakan solder biasa untuk IC yang mempunyai kaki-kaki yang panjang (IC biasa) dan SMD rework untuk IC SMD. Cara memasangnya juga tidak boleh terbalik karena dia mempunyai kaki-kaki yang telah ditentukan, misal kaki nomor 1 dan seterusnya.

5 comments:

  1. cara membuat jalur IC d PCB gmana ya ??

    itu yg masih buat sya bngung ..

    mhon pnjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. membuat jalur ya sama sobat, seperti membuat jalur-jalur lainnya. apa sobat masih kurang jelas, tentang membuat layout di PCB?

      Delete
  2. boleh tolong beri penjelasan tentang Project Board atau Breadboard ?

    ReplyDelete
  3. Segera bergabung dengan kami, agen terpercaya dan tercepat untuk proses deposit dan withdraw
    dengan minimal deposit 10.000 anda semua bisa menangkan uang jutaan rupiah hanya ada di D_E_W_A_P_K
    ayo buruan daftar dan dapatkan royal jackpotnya hingga 30jt ditunggu apa lagi segera daftar ya :)

    ReplyDelete
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete