Tuesday, February 14, 2012

Transformator atau trafo biasanya orang menyebutnya, sering digunakan untuk mengubah tegangan listrik. Namun sebenarnya bukan hanya untuk itu saja kegunaan sebuah trafo karena trafo masih bisa untuk hal-hal yang lain yang mungkin belum kita ketahui.

Pengertian atau Definisi Transformator / Trafo

Kata Transformator sendiri berasal dari kata transformatie yang mempunyai arti perubahan, jadi Transformator atau Trafo ialah suatu alat listrik yang terdiri dari dua buah kumparan yang dililitkan ada satu inti, inti bisa inti besi atau inti ferrite, yang dapat mengubah atau memindahkan energi listrik dari sebuah rangkaian listrik ke rangkaian listrik yang lain berdasarkan prinsip kerja induksi elektromagnetik. Kumparan pertama disebut juga primer sedangkan yang kedua disebut skunder, kumparan primer yang menerima input sedangkan skunder sebagai output kerja Trafo. Trafo bekerja pada arus bolak balik atau AC dan tidak atau bukan pada DC.

Fungsi Transformator / Trafo

Trafo pada sebuah rangkaian elektronika mempunyai fungsi utama sebagai pengubah tegangan listrik selain itu Trafo juga mempunyai fungsi lain atau fungsi tambahan antara lain: sebagai modulator, dan pembangkit frekuensi tinggi.

Gambar Transformator / Trafo dan Simbol

Contoh Gambar Trafo

Contoh Gambar Simbol Trafo

Jenis-jenis Transformator / Trafo

Trafo jika dilihat dari segi kegunaannya dapat kita bedakan menjadi beberapa jenis antaralain:
  1. Trafo step up
  2. Trafo step down
  3. Trafo las
  4. Trafo pulsa
  5. Trafo tiga fase
  6. Trafo IT
  7. Trafo OT
  8. Trafo pengukuran
  9. Autotransformator
Dan apabila dilihat dari letak lilitan atau kumparanya Trafo bisa dibedakan mejadi 2 yaitu Transformator core type dan Transformator shell type.

Prinsip Kerja Transformator / Trafo

Trafo kerjanya menganut prinsip kerja induksi elektromagnetik. Jika trafo pada inputnya atau pada kumparan primernya diberi tegangan AC, hal ini akan menimbulkan Fluks magnet dan menginduksi kelilitan skunder. Apabila efisiensi pada trafo tersebut sempurna niscaya daya pada lilitan primer akan ditransfer semua kelilitan skunder.

2 comments:

  1. lumayan nambah ilmu..
    trima kasih pak,nambah ilmu saya tentang pengelasan....

    ReplyDelete
  2. Ada Skema lilitannya ga pak? Ujung ujung kawatnya itu kemana aja?

    ReplyDelete