Tuesday, August 7, 2012

Hasil solderan yang baik tak lepas dari kualitas timah solder (tinol) yang dipergunakan untuk menyolder. Terdapat bermacam-macam timah solder dipasaran dapat kita dapatkan dengan mudah dan murah tentunya. Tapi alangkah baiknya kalau kita menggunakan timah solder yang berkualitas bagus sebab hasil solderan akan lebih baik plus kuat juga. Apasih sebenarnya timah solder itu?

Pengertian Timah Solder

Timah solder merupakan sejenis timah yang terbuat dari pencampuran bahan perak dan timah, timah solder untuk keperluan mematri komponen elektronika sering juga dikenal dengan istilah Alloy. Perbandingan pencampuran bahan perak dan timah tersebut antara lain 60/40%, 63/37% serta 50/50%. Bentuk timah patri/timah solder yang sering digunakan untuk mematri biasanya berbentuk seperti kawat panjang, dengan ukuran diameter yang beragam antara 0,3mm-1,5mm, namun yang banyak digunakan adalah ukuran 0,8 dan 1mm. Untuk pematrian komponen-komponen elektronika gunakan timah patri/timah solder yang berbahan dasar 60/40%, dia dapat meleleh disuhu 190c.

Gambar Timah Patri

Contoh Timah solder



Timah cair/timah paste


Timah solder dengan perbandingan campuran 50/50% jarang digunakan dalam pematrian komponen-komponen elektronika, timah jenis ini biasanya untuk mematri dibagian ground.

Macam-macam timah solder

Dalam dunia elektronika ada dua jenis timah solder yang lazim digunakan yakni :

  1. Timah gulung/timah yang berbentuk kawat yang digulung, seperti pada gambar diatas.
  2. Timah Pasta/timah paste/solder paste, jenis ini berbentuk cair. Timah jenis ini sering digunakan untuk menyetak kaki-kaki komponen BGA.
Tips:
  • Gunakan timah solder dengan perbandingan 60/40% atau 63/37% untuk keperluan mematri komponen-komponen elektronika standar/dasar.
  • Pilih diameter timah solder sesuai kebutuhan pematrian, bila sambungan yang dikerjakan kecil ya jangan paksakan memakai timah dengan diameter besar.
  • Timah solder  yang baik biasanya memiliki kandungan Flux rosin 
  • bersihkan dulu ujung solder dan permukaan yang hendak Sobat patri


2 comments:

  1. Wah tambahan ilu baru nih..!!
    Oy blog'y bagus, aku suka, kaya'y aku harus banyak2 belajar sama mas nih.. boleh kan ??

    ReplyDelete
  2. kak klo saya nYolder itU, baju saya sering kena percikan sisa timah... gimana yaa cara ngilanginnya.???

    ReplyDelete