Friday, July 27, 2012

Apasih solder itu? Seorang teknisi elektronika pasti akrab dengan alat elektronik yang satu ini. Malah dapat dikatakan solder itu sebagai alat tempur utama baginya, kalau diumpamakan tekhnisi itu petani maka solder adalah cangkulnya.

Pengertian atau Definisi Solder 

Dari bermacam-macam solder yang ada, dapat kita definisikan sebagai berikut. Solder adalah sebuah sebuah peralatan listrik yang digunakan untuk memasang atau melepaskan komponen-komponen elektronik, proses pemasangan atau pelepasan tersebut disebut soldering. Disini  Saya mengulas tentang solder biasa bukan solder uap. Sistem kerja solder ini sebenarnya cukup sederhana yaitu cuma sebuah lilitan pemanas membalut mata solder, tapi tentu saja ada isolasi disini. Kalau tidak tentu tahulah Sobat..... hehehhe kesetrum coy.

Gambar solder


Macam-macam Solder listrik

Dilihat dari pemakaian arus listrik dapat kita bedakan menjadi bermacam-macam antara lain 30watt, 40watt, 60watt bahkan ada juga yang 300watt lebih. Sedang dari bentuk fisik solder listrik ada yang berbentuk seperti pistol dan ada juga yang lusrus seperti terlihat pada gambar diatas.

Tips Memilih Solder Listrik

Pilihlah Solder listrik sesuai kebutuhan kita, kenapa demikian? sebab, sebagai contoh kalau kita memakai solder dengan daya 60watt misal, padahal kita pakai yang 30watt saja sudah cukup. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen elektronika ketika kita melakukan penyolderan (soldering) karena panas yang berlebih dari solder yang kita pakai.

Sekiranya cukup segini dulu coretan Saya +Suratno Kenthus mengenai Pengenalan Solder Listrik, semoga coretan yang sedikit ini ada manfaatnya bagi Sobat Blog elektronika. Namun mungkin ada suatu hal yang masih ada di benak sobat untuk ditanyakan, jangan ragu2 silahkan tinggalkan komentar sobat.

4 comments:

  1. Dalam hal kelistrikan, solder sangatlah penting untuk menyambung kabel, menyambung ke PCB ya kang?

    ReplyDelete
  2. Kang saya mau tanya saya baru beli solder pertama kali dipake langsung ngebul dan bau . apa soldernya rusak? sedangkan barang yang sudah dibeli tidak boleh dikembalikan.

    ReplyDelete
  3. kang saya baru pertama bli dan pake solder, pertamakali dicoba batang soldernya ngebul dan bau. Kenapa ya? Apa soldernya rusak? ak bli yng murah sih alnya buat praktek. Akhirnya pinjem punya tetangga [-(

    ReplyDelete