Tuesday, February 5, 2013

Pengertian PCB

PCB merupakan singkatan berasal dari bahasa inggris, yakni Printed Circuit Board. Dalam bahasa kita bahasa Indonesia Printed Circuit Board berarti Papan sirkuit Cetak. Lalu apa pengertian Papan Sirkuit Cetak (PCB) itu sendiri? Papan sirkuit cetak mempunyai pengertian : sebuah papan yang berisi/penuh dengan sirkuit dari logam.

History PCB

PCB pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuan berkebangsaan Austria pada tahun 1936, beliau bernama Paul Eisler. kala itu beliau (Paul Eisler) mengaplikasikan penggunaan PCB dalam sebuah Radio. Ditahun 1943 Amerika Serikat menggunakan PCB pada sebagian besar Radio Militer mereka. dan setelah tahun 1950 papan sikuit cetak (PCB) telah dipakai secara masal di industri elektronik.

Fungsi PCB

Secara logika kita dapat mengetahui apa sebenarnya fungsi PCB itu, coba saja kita merakit sebuah rangkaian elektronik namun tak menggunakan PCB, bagaimana hasilnya? tentu saja hasil yg akan kita peroleh kurang rapih, dan hampir bisa dikatakan Acak-acakan. Jadi PCB disini berfungsi untuk mengurangi acak-acakan tersebut,dengan kata lain PCB berfungsi untuk membuat rapih rakitan rangkaian elektronik serta sebagai tempat untuk memasang komponen elektronik. Selain itu PCB juga berfungsi meminimalisir pemakaian tempat, ruang Rangkaian elektronik. Coba bayangkan lagi kl kita merangkai tanpa PCB tentu akan memakan banyak tempatkan?

Contoh Gambar PCB

PCB tampak atas
Tampak Atas

PCB tampak bawah
Tampak Bawah

Jenis-jenis PCB

PCB dapat digolongkan atas beberapa jenis berdasarkan:
  • susunan lapis
    • lapis tunggal
    • lapis ganda
    • multi lapis (4, 6, 8 lapis)
  • bentuk
    • keras
    • lunak (fleksibel)
    • gabungan keras dan lunak
  • spesifikasi
    • konvensional
    • penghubung kepadatan tinggi (High Density Interconnect)

  • material basis
    • FR4
    • logam
    • keramik
Jenis-jenis PCB sumber wikipedia.

Nah itulah apa sebenarnya PBC itu, semoga tulisan saya ini bisa memberikan sebuah penerangan, walau sedikit hehe...

Salam Belajar Elektro...!!!

17 comments:

  1. ya oke penjelasan nih pcb dari yang sederhana mudah untuk di telusuri jalurnya yang hanya satu lapis hinga yang rumit untuk menelusuri alurnya harus ada skema dari itu pcb karna terdiri dari berlapis lapis. dari yang keras ada yang lentur pula..

    ReplyDelete
  2. aku baca aja dech gak begitu paham, krn dulu ddapat ilmu ginian paas smp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Mbak Iis..., semoga bisa membantu bernostalgia, hehe...

      Delete
  3. hmmzz,, dapat ilmu baru nih tentang elektronika..!!! makasih penjelasan nya..!!!

    #salam terhangat dari Misterdhi

    ReplyDelete
  4. bikibn botak kalo ngomongin elektro gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kali yah, makanya aku juga demikian hehehe..e cuman dikitsih

      Delete
    2. wkwkwk.. yg posting yg lebih tau kang :D

      Delete
    3. Hehe... kayaknya gak juga, saya dikit botax karena faktor keturunan juga kali

      Delete
  5. wah mantap mas , lengkap bener, jadi saya perlu banyak belajar lagi.

    ReplyDelete
  6. elektronik yang masih asing bagi saya, hehe, folback ya pak :)

    ReplyDelete
  7. Cara membaca PCB gmana bang, koq syg lihat ckup susah

    ReplyDelete
  8. mari mampir ke sini http://blognyaeko.wordpress.com/ untuk tutorial mikrokontroler, plc, dan visual programming

    ReplyDelete
  9. terima kasih infonya ...
    sukses selalu ...

    ReplyDelete