Wednesday, December 7, 2011

7:11 PM
6
Dalam sebuah rangkaian elektronika, maksud saya hampir pada semua rangkaian elektronika menggunakan yang namanya resistor ini. Apasih sebenarnya resistor itu...?

Pengertian Resistor

Resistor adalah suatu komponen elektronika yang digunakan untuk menghambat atau menahan arus listrik atau tegangan listrik pada sebuah rangkaian elektronika. Resistor sering disebut juga werstand, kata werstand ini merupakan kata dalam bahasa belanda yang mempunyai arti tahanan atau hambatan. Kemampuan untuk menghambat atau menahan arus listrik pada sebuah resistor disebut resistensi. Sebuah resistor dapat dibuat dari bahan karbon, film, kawat dan lain - lain. Dalam rangkaian elektronika atau pada PCB, resistor dituliskan dengan simbol huruf R.

Satuan Resistor

Menurut standar SI atau Sistem Satuan Internasional, sistem satuan atau besaran yang paling umum digunakan nilai resistansi sebuah resistor yaitu OHM ( ohm ) simbol : Ω. Asal muasalnya kata ohm ini berasal dari sebuah nama : George Simon Ohm. Beliau adalah seorang fisikawan yang berkebangsaan Jerman dan Dia juga yang mencetuskan hukum OHM.

Berikut sedikit mengulas tentang hukum ohm :
V = I R

Dimana :
  • I = arus listrik yang mengalir pada suatu penghantar ( Ampere )
  • V = tegangan listrik yang terdapat pada kedua ujung penghantar ( volt )
  • R = nilai hambatan listrik (resistansi) yang terdapat pada suatu penghantar  ( ohm )
Penulisan satuan resistansi resistor yang lebih dari 999 ohm biasanya disingkat menjadi kilo ohm ( KΩ ) dan mega ohm ( MΩ ).

Jenis - jenis Resistor

Dilihat dari cara pemasangannya resistor dibedakan menjadi 2 yaitu :
  1. Resistor yang mempunyai kaki kawat, tiap kaki panjangnya kurang lebih 3cm. Resistor jenis ini banyak beredar dipasaran dan macamnya beragam dari 1/8 watt hingga 20watt pun ada bahkan ada yang lebih.
  2. Resistor yang tidak mempunyai kaki, Resistor ini disebut juga resistor SMD.
Sementara jika dilihat cara kerjanya resistor dibedakan menjadi 2 yaitu :
  1.  Resistor tetap
  2.  Resistor variable
Resistor variabel merupakan suatu resistor yang nilai resistansinya bisa kita rubah, detail selengkapnya akan saya bahas dalam posting mendatang. Sekarang saya cenderung fokus kepada resistor tetap pada posting kali ini.

Gambar dan Simbol Resistor 

Contoh resistor
Contoh resistor









Contoh resistor SMD
Cara Menghitung Nilai Resistor

Untuk mengetahui nilai resistansi sebuah resistor kita dapat melakukan 3 cara yaitu :
  1. Membaca gelang warna pada resistor
  2. Membaca kode angka yang tertera pada resistor tersebut jika ada
  3. Mengukur langsung dengan ohm meter atau multitester.
Dengan 3 metode tersebut kita bisa memilih apabila kita memegang resistor yang menggunakan gelang warna ya kita bisa membaca gelang warna tersebut dan apabila terdapat kode angka ya tinggal membacanya kesulitan menggunakan cara pertama dan kedua tinggal gunakan ohm meter untuk mengukur resistor.

Saya rasa untuk menghitung nilai resistansi sebuah resistor itu mudah, Namun apabila Anda / Sobat masih kurang jelas silahkan tinggalkan komentar atau menuju link berikut. Diposting tersebut saya ungkap jelas cara membaca nilai resistansi resistor.

Newer Post
Previous
This is the last post.

6 comments:

  1. Sian bung! Saya mau nanya kenapa kalau amplifer aktif bila di nyalakan kabelnya dan travonya panas dan mengeluarkan suara dengung saja ngak ada suara audio padahal udah sambungkan ke hp? Kabel inputnya baik. Apa solusinya bung? Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Sian bung! Saya mau nanya kenapa kalau amplifer aktif bila di nyalakan kabelnya dan travonya panas dan mengeluarkan suara dengung saja ngak ada suara audio padahal udah sambungkan ke hp? Kabel inputnya baik. Apa solusinya bung? Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Segera bergabung dengan kami, agen terpercaya dan tercepat untuk proses deposit dan withdraw
    dengan minimal deposit 10.000 anda semua bisa menangkan uang jutaan rupiah hanya ada di D_E_W_A_P_K
    ayo buruan daftar dan dapatkan royal jackpotnya hingga 30jt ditunggu apa lagi segera daftar ya :)

    ReplyDelete
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete